Hukum Memakai Susuk adalah Halal, Ada Hadistnya?

Hukum Memakai Susuk adalah Halal, Ada Hadistnya? – Susuk memang masih menjadi andalan untuk media kecantikan atau ketampanan sejak dulu. Bahkan sampai sekarang, pamor susuk belum juga hilang karena khasiat yang dibawanya. Meski saat ini susuk sudah mulai tergantikan oleh perawatan kecantikan, namun susuk masih banyak diminati oleh banyak orang.

Namun sayangnya, hingga saat ini pemakaian susuk masih menjadi perdebatan atas halal atau tidaknya dalam agama. Sebab sebagian orang percaya bahwa dengan memakai susuk, kita akan memperoleh banyak manfaat mulai dari kecantikan atau ketampanan, kharisma, hingga pengasihan. Hal ini hampir menyerupai perawatan wajah, lantas mengapa susuk dibilang haram oleh agama?

Hukum Memakai Susuk adalah Halal

Pada dasarnya penggunaan susuk adalah haram karena kita melibatkan kekuatan selain Allah atau bisa dibilang musyrik. Lalu bagaimana bisa susuk menjadi halal?

Seperti obat, susuk akan menjadi halal jika tidak melibatkan kekuatan khodam. Melainkan kekuatan susuk bersumber dari energi spiritual pengasihan. Energi spiritual pengasihan ini bersumber dari alam semesta yang diciptakan oleh Allah SWT yang ditransfer pada susuk oleh pakar spiritual. Maka percayalah, bahwa kekuatan susuk adalah karena kehendak Allah dan tidak ada kekuatan yang lebih besar dari-Nya.

Masih ragu atas hukum memakai susuk adalah halal?

Berikut ini adalah penjelasan dari Ar ramli (ulama mazhan Syafi’i) dalam Nihayah Al Muhtaj, halaman 1/105 menyatakan secara eksplisit bolehnya memakai susuk.

Baca Juga   Doa agar Pasangan Nurut, Istri Minta Duluan

“Ada pertanyaan tentang memakan emas dan perak secara sendiri atau mencampurnya dengan obat yang lain. Apakah itu boleh seperti obat yang lain atau tidak karena mengandung unsur menyia-yiakan harta? Jawabannya adalah boleh karena mengandung manfaat walaupun seandainya tidak berhasil. Kecuali apabila membahayakan badan dan akal. Ini juga tidak termasuk membuang-buang harta karena ada tujuannya yaitu untuk berobat.”

Jadi, syaratnya menurut Imam Romli adalah asal tidak membahayakan fisik. Dengan demikian, sebagai solusinya anda bisa hindari susuk tradisional yang memasukkan benda tajam pada tubuh dan menggantinya dengan mustika susuk. Sebab penggunaan mustika susuk benar-benar aman karena anda hanya perlu menyimpannya dalam laci atau mengenakannya sebagai perhiasan (cincin).

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :